Freeware | 5 Software Gratis untuk membuat Bootable USB Windows

Jumat, 17 Februari 2012

Freeware | 5 Software Gratis untuk membuat Bootable USB Windows
- Tidak semua komputer maupun Laptop memiliki CD/DVD Room, sehingga ketika kita ingin menginstall Suatu Operating System baru di PC/Laptop tersebut, hal ini akan menjadi terlihat begitu sulit. Namun masalah tersebut tentu saja memiliki jalan keluarnya, dan salah satunya adalah dengan menggunakan perangkat alternatif USB Flash Drive. Nah kali ini saya akan berbagi dengan anda sekalian beberapa software gratis ( freeware ) yang dapat anda gunakan untuk membuat bootable installasi Operating System Windows. Selain lebih hemat dan tidak memakan banyak space, Media USB Flash Driver juga merupakan alternatif yang paling banyak di pilih saat ini untuk di jadikan media bootable installasi Windows. untuk selengkapnya mari di simak yuk apa saja software gratis untuk membuat bootable USB Windows tersebut

1. WinUSB Maker
WinUSB Maker merupakan software portable untuk membuat media penyimpan eksternal seperti USB Flashdisk atau eksternal HDD menjadi bootable dan dapat digunakan untuk memindah file setup (installasi) windows ke USB.

Beberapa Fitur WinUSB Maker antara lain
  • Backup dan Restore (termasuk MBR, Master Boot Record) dari USB Drive
  • Di design dengan keamanan maksimum, untuk menghindari errir dan mencegah kesalahan memformat windows
  • Dapat bekerja dengan Windows dalam DVD, Folder atau ISO Image
  • Memformat USB dalam file sistem NTFS
  • Dapat membuat DOS/GRLDR bootable USB Disk
  • Copy file dengan level kecepatan maksimum
  • MEndukung perangkat yang lebih dari 1 TB

Program ini dapat berjalan pada OS Windows Vista,7,8
Untuk softwarenya, anda bisa mendownloadnya di sini: WinUSB Maker - (1.3MB)


2. Windows 7 SBB Tool
Program kecil dan portable ini dapat digunakan untuk membuat bootable USB windows 7, tidak hanya USB Flashdisk, tetapi mendukung SD Card. Untuk membuat bootable USB, kita tidak bisa menggunakan ISO Image (file ISO) dari windows 7, tetapi kita harus manual menentukan lokasi folder windows tersebut (sebelumnya bisa kita copy dari DVD ke hardisk)

Untuk softwarenya, anda bisa mendownloadnya di sini: Windows 7 SBB Tool - (245KB)


3. Passcape ISO Burner
Program kecil dan juga portable PAsscape ISO Burner merupakan aplikasi untuk membuat bootable disk dan juga USB dari berbagai file ISO, tidak hanya windows. Dapat digunakan untuk membuat bootable CD/DVD, perangkat USB (Memory Stick, USB Flashdisk, CompactFlash, Secure Digital USB Hard disk dan lainnya).

Beberapa fiturnya antara lain
  • Memindah file ISO ke CD/DVD dan USB drive
  • Membuat bootable media
  • Extract isi file ISO ke hardisk
  • Antarmuka yang sederhana

Untuk softwarenya, anda bisa mendownloadnya di sini:  Passcape ISO Burner - (314KB)


4. A Bootable USB
Aplikasi dari aksvg.com ini merupakan program pembuat bootable USB untuk menginstall windows 7. Setelah dijalankan, kita bisa memilih lokasi install file (saya sarankan memilih lokasi yang sama dengan A Bootable USB, sehingga bisa menjadi portable). Untuk membuat bootable USB WIndows 7 diperlukan minimal 4 GB USB.
Aplikasi ini dapat menggunakan DVD Windows 7 atau file ISO. Dan dapat berjalan di windows Vista, server 2008 atau windows 7. Untuk menjalankanya, kita harus melalui 3 langkah, Check USB Drive, Format USB Drive dan memilih DVD atau ISO.

Untuk softwarenya, anda bisa mendownloadnya di sini: A Bootable USB - (996KB)


5. Novicorp WinToFlash
Aplikasi ini sudah ada cukup lama, dan tergolong bagus untuk membuat bootable USB. Tidak seperti kebanyakan aplikasi sebelumnya yang hanya mendukung windows vista atau 7, WinToFlash dapat digunakan untuk membuat bootable USB windows XP/2003/Vista/2008/7/8.

Beberapa Fitur WinToFlash antara lain
  • Memindah installasi windows XP/2003/Vista/2008/7/8 dari CD/DVD ke USB Flash drive
  • Memindah WinPE ke USB
  • Membuat USB Flash drive dengan Bootloader darurat untuk windows XP/2003
  • Memindah MS_DOS ke USB
  • Membuat USB berisi windows XP/2003 Recovery COnsole

Program ini dapat berjalan di Windows XP/2003/Vista/2008/7 dan juga windows 8. Tersedia antarmuka dalam bahasa Indonesia, sehingga bagi yang kesulitan menggunakan bahas Inggris, aplikasi ini akan sangat membantu.

Untuk softwarenya, anda bisa mendownloadnya di sini: WinToFlash - (6.9MB)


Nah itulah 5 software gratis ( freeware ) yang dapat kita gunakan untuk membuat bootable Windows melalui USB Flash Drive.

ayo gan pilih yang mana ?

0 komentar:

Posting Komentar